Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan

 On Monday, August 11, 2014  

Pesta Pernikahan atau resepsi merupakan acara yang paling berkesan bagi pasangan pengantin. Namun, untuk mempersiapkannya juga membutuhkan waktu yang cukup agar pesta pernikahan dapat berlangsung dengan lancar dan menyenangkan.

Bagi sebagian orang, untuk mempersiapkan pesta pernikahan skala besar membutuhkan waktu yang lama, biasanya 6-12 bulan sebelum hari H. Namun, ada juga yang kurang dari 3 bulan sudah mempersiapkannya. Semua itu tergantung dari besar dan konsep acaranya.

Lama atau cepat waktunya, yang terpenting bagaimana mempersiapkannya agar acara pesta pernikahan dapat berlangsung dengan lancar dan sesuai konsep. Apabila tidak memiliki pengalaman dalam mempersiapkan pesta pernikahan maka dapat menggunakan jasa Event Organizer untuk membantu mengkonsep acara dan mempersiapkannya. Akan tetapi meskipun sudah diserahkan kepada jasa EO, pihak keluarga juga harus turut andil dalam mempersiapkan agar tidak terjadi miss communication.

Nah, berikut ini beberapa tips mempersiapkan Pesta Pernikahan.

1. Menentukan Tema

Yang pertama adalah menentukan tema seperti apakah yang ingin dipilih saat acara pesta nanti. Pemilihan tema ini nanti akan menentukan beberapa faktor lainnya seperti tempat, kostum dan lainnya. Oleh karena itu, pastikan pemilihan tema jangan sampai salah. Minta saran dari keluarga, kerabat dan juga EO apabila Anda menggunakan jasa EO.

2. Konsep Acara

Terkadang ada acara yang melangsungkan dalam satu hari, artinya Akad Nikah dan Resepsi dilakukan pada hari yang sama, ada juga yang dilangsungkan pada hari yang berbeda. Nah ini yang juga harus dikonsepkan dengan jelas agar persiapan lainnya juga jelas.

Setelah menentukan hal tersebut, bisa mempersiapkan acara-acara detailnya seperti :

a. Akad Nikah

Dimana akad nikah dilangsungkan? Siapa petugas KUA nya? Siapa saja yang diundang untuk menghadiri Akad Nikah?

b. Undangan

Pastikan siapa saja yang akan diundang saat pesta pernikahan. Buatlah daftar nama yang akan diundang, agar dalam memesan undangan dapat sesuai dengan yang diundang. Dalam menentukan undangan ini juga harus diperhatikan. Apabila budget sedikit, mending menggunakan undangan yang simple dan tidak perlu mewah.

c. Souvenir

Salah satu yang perlu dipersiapkan juga adalah souvenir. Souvenir dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan dan bentuk ucapan terima kasih kepada para tamu undangan. Memilih souvenir ini sebaiknya disesuaikan dengan budget. Selain itu juga memberikan souvenir yang menarik dan lucu dapat memberikan kesan positif, seperti souvenir flanel pernikahan berbentuk boneka flanel couple yang menggambarkan Anda dan pasangan Anda.

d. Kostum Pengantin

Kostum pengantin harus disesuaikan dengan konsep acara. Jika menggunakan adat daerah maka kostum disesuaikan.

e. Konsumsi

Untuk masalah konsumsi apakah menggunakan catering atau tidak. Dan pastikan menu apa saja, agar tidak membuat image negatif ke para tamu undangan.

f. Dokumentasi

Apabila memiliki budget lebih, bisa menggunakan dokumentasi baik foto maupun video shooting.

g. Hiburan

Apabila akan menggunakan hiburan, pastikan hiburan apa yang akan disuguhkan. Dan pastikan budget sesuai.

Itulah beberapa tips dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Sebenarnya masih ada detailnya lagi, namun itu dapat anda sesuai dengan situasi dan kondisi Anda.
Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan 4.5 5 Unknown Monday, August 11, 2014 Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan agar lancar dan menyenangkan Pesta Pernikahan atau resepsi merupakan acara yang paling berkesan bagi pasangan pengantin. Namun, untuk mempersiapkannya juga membutuhkan w...


1 comment:

  1. Buat event itu emang gampang-gampang susah, Trims Admin udah share artikel.
    Sekedar info tambahan aja, bagi yang bingung membuat event bisa coba baca artikel ini: Cara Membuat Event

    Semoga bermanfaat,
    Salam blogger ya min.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.